Tuesday, November 13, 2007

Prof. Dr. Azrul Azwar, MPH

Mantan Dirjen Binkesmas, Depkes, ini memang a fascinating guy. Menurut Antara, ia "menyerahkan begitu saja" tanah milik Pramuka--gerakan yang kini cuma sayup-sayup terdengar kiprahnya tapi konon punya anggota tak kurang dari 21 juta di seluruh Indonesia--kepada LIPI menyusul pertikaian berlarut-larut atas tanah seluas lebih dari 8,000 meter persegi di Cibodas antara Pramuka dan LIPI.

"Anggap saja ini pengorbanan Pramuka," katanya sebagaimana dikutip kantor berita yang usianya lebih tua dari republik ini.

Bukan Azrul memang jika tak berani "tampil beda". Dalam banyak hal memang ia masih kerap membawa semangat para aktivis, mungkin karena sejak masa sekolah pun ia sudah aktif berorganisasi.

Tapi lepas dari kebiasaannya untuk kerap tampil beda, Azrul yang ketua Kwarnas Pramuka itu, is, by any standard, a really smart guy.

Dia bisa memetakan persoalan yang begitu rumit menjadi sangat mudah dipahami dan sangat workable ketika menjabat sebagai Dirjen Binkesmas.

Dalam beberapa kesempatan aku sempat berinteraksi agak intensif dengan "Pak Azrul" dan aku mesti bilang: GilaaaK...Nih orang asyiikkk betul!

Makanya ketika pada 2005 (atau waktu ity 2006?) aku dengar dia terkena serangan jantung, aku jadi ikutan cemas juga, jangan-jangan negeri ini akan lagi-lagi kehilangan "aset"-nya secara terlalu dini.

Alhamdulillah itu tidak terjadi.

Terus berkiprah ya prof.!

This nation needs you still!

No comments: